Tuesday, August 16, 2011

TIPS AND TRICKS 2: Tiga Hal










Sejak awal main gitar, I made a conscious decision, bahwa saya harus menguasai 3 hal dalam main gitar. Pertama adalah Rhythm. Kedua adalah Lead. Dan ketiga adalah Noise. Di bawah ini adalah penjabaran ketiga-tiganya.

Rhythm
Rhythm adalah pembentuk lagu. Tanpa ini, kamu gak bakalan punya lagu.Mulai dari bentuk rhythm yang sederhana seperti genjrengan gitar akustik biasa, sampai bentuk rhythm yang ruwet dan susah. Sayangnya banyak orang yang gak memperhatikan ini. Mereka pikir “gitaris yang cuma bisa rhythm aja, masih kalah sama gitaris yang bisa melody [lead]”. Padahal justru saya menemukan main rhythm itu jauh lebih sulit ketimbang main lead.
Ada banyak bentuk rhythm di dunia ini. Malah bisa sampai gak kehitung. Dari pola rhythm inilah lahir berbagai jenis aliran musik. Musik metal punya pola rhythm sendiri. Musik Jazz punya pola rhythm sendiri, begitu juga musik funk, dangdut, musik reggae, dan masih banyak lagi. Gak akan ada habisnya jika ini diperdalam satu persatu. Sampai sekarang pun saya masih belajar.
Dalam rhythm, selain harus paham dengan bentuk ketukannya, juga harus paham dengan kord-kordnya. Karena masing-masing aliran musik punya idiom kord-kordnya tersendiri. Susah banget ya? Emang.

Lead
Sebenarnya lead gak begitu penting dalam lagu. Tanpa ada lead pun, sebuah lagu masih bisa disebut sebagai lagu yang utuh. Tapi bagi saya lead penting. Penting karena bisa menambah nuansa dan suasana dalam sebuah lagu. Selain sebagai alat pamer tentunya. Haha.
Saya belajar gitar secara otodidak dan akhirnya bisa menguasai teori musik, karena sebelumnya saya tertarik mempelajari dasar-dasar melody. Untuk bermain lead, dibutuhkan pengetahuan musik yang kuat. Memang ada beberapa juga musisi jenius yang gak paham teori, tapi bisa bermain lead dengan baik. Sayangnya kita gak sejenius mereka, jadi akhirnya kita tetap harus belajar teori. Haha
Selain teori musik, dibutuhkan juga latihan yang lama bagi kedua tangan kita. Tangan yang terlatih sudah pasti akan mampu menghasilkan lead yang bagus juga. Banyak lick, teknik, dan trik gitar yang harus dikuasai agar kita bisa bermain lead dengan baik.
Saya bermain gitar hampir 10 tahun, dan masih belum terlalu terlatih. Kesimpulannya? Butuh waktu puluhan tahun biar bisa mahir banget. Hehe. Duh susah banget jadi gitaris.

Noise
Yang saya maksud adalah suara-suara aneh namun indah yang bisa kita hasilkan dari sebuah gitar, efek, dan ampli. Adrian Belew, Steve Vai, Tom Morello, dan Jonny Greenwood adalah para raja dari sound yang aneh dan unik. Kadang mereka menggunakan teknik dan trik bergitar, kadang mereka menggunakan pedal efek untuk menghasilkannya. Cara mana saja sudah pasti dibenarkan, asalkan hasilnya 'menggembirakan'.


Begitulah, gitaris yang asik, adalah gitaris yang bisa memaksimalkan ketiga unsur itu. Saya sih masih jauh banget dari menguasainya, namun itulah visi saya dalam bergitar dan bermusik.

Dalam artikel mendatang, saya akan membahas ketiga unsur-unsur itu.

So stick around,,,,,,

1 comment: