Tuesday, August 9, 2011

GUITAR 101 part 1: Choosing Guitar/ Memilih Gitar

Saya pengen membahas Gear atau peralatan yang harus dimiliki para gitaris. Bahasan ini akan mencakup segala hal mulai dari gitar, efek, dan ampli. Dan juga membahas latar belakang penggunaan alat-alat itu. Di artikel pertama ini, saya akan membahas senjata utama, yaitu GITAR.

Semua gitaris harus punya ini. Mungkin saja ada gitaris di luar sana yang gak punya gitar. Dia manggung atau latihan dengan menggunakan gitar pinjaman. Ini sangat nggak disarankan. Sebabnya banyak. Pertama, kamu gak bakalan selalu bisa main gitar. Karena gitar itu harus dikembalikan, atau yang punya gak mau minjemin lagi. Kedua, kalo terjadi apa-apa dengan gitar pinjaman itu, kamu malah bisa putus hubungan sahabat sama yang minjemin. Ketiga, kamu harus bisa memahami karakter gitar kamu sendiri. Dan itu gak bakalan bisa kamu lakukan kalo gitar kamu adalah gitar pinjaman.

Gitar yang bagus gak selalu harus mahal. Banyak pabrikan gitar mahal seperti Fender atau Ibanez yang mengeluarkan seri gitar harga terjangkau. Untuk pemula, saya menyarankan gitar merk Squier, LTD atau Ibanez Gio. Gitar buatan dalam negeri seperti Rockness, atau Artrock juga kualitasnya udah bagus banget.

Kalo kamu beli gitar, cari yang sesuai keinginan kamu. Kalo kamu pengen jadi gitaris blues/rock, kamu bisa beli gitar model Stratocaster {buatan Fender} atau Les Paul {buatan Gibson}. Jangan beli aslinya karena harganya lumayan mahal. Beli aja yang copy atau replica nya aja. Banyak merek gitar yang memproduksi replica dari strato dan les paul ini. Antara lain buatan Artrock, atau LTD. Stratocaster buatan Squier adalah pilihan saya untuk model strato yang harganya terjangkau.

Untuk musik Jazz, kamu bisa menggunakan gitar yang hollow body. Maksudnya hollow body adalah gitar listrik yang konstruksinya hampir mirip gitar akustik. Yaitu mempunya lubang dan rongga di bagian body nya. Suara yang dihasilkan akan fat dan warm. Cocok banget emang buat musik Jazz. Ada beberapa gitar model hollow ini yang harganya lumayan terjangkau, seperti buatan Ibanez atau Washburn.

Jika musik Alternative dan British ala Radiohead atau Coldplay adalah aliran yang ingin kamu mainin, maka pilihan terbaik jatuh pada model Telecaster. Gitar model telecaster ini aslinya adalah buatan Fender. Dan cocok untuk mainin musik country karena soundnya yang khas. Untuk replica telecaster yang bagus, saya nyaranin yang merek Rockness.

Kalo kamu pengen jadi shredder, beli lah gitar model Superstrat. Model Superstrat adalah upgrade dari stratocaster, makanya di sebut 'Super Stratocaster'. Misalnya bridge sudah menggunakan sistem Floyd Rose {sistem Up-Down}, lalu pick upnya juga sudah diganti yang outputnya lebih hot. Kadang juga malah memiliki fret. Untuk urusan superstrat Ibanez, dan Jackson adalah jagonya.

Sedangkan jika mereka yang suka metal, menurut saya gitar model apa aja bisa kok. Banyak band metal yang modelnya suka 'gak cocok' tapi soundnya dahsyat. Seperti Jim Root nya Slipknot yang pake telecaster, atau Andreas Kisser nya Sepultura yang pake Stratocaster. Yang penting, jika kamu suka main drop tunning, maka perhatikan jangan sampai menggunakan tremolo up down seperti Floyd Rose. Bukannya gak boleh, tapi settingannya akan susah banget. Apalagi kalo kamu menggunakan senar ukuran gede.

Nah, itu pembahasan penggunaan gitar secara umum saja. Ini bukan aturan mengikat, jadi kamu boleh saja menggunakn gitar model apa saja, sesuai keinginan kamu. Tapi yang perlu diingat, setiap musik mempunyai ciri khas soundnya sendiri-sendiri. Lucu aja kalo kamu main musik metal, tapi dengan menggunakan settingan sound musik Jazz. Gak salah sih, cuma riskan. Hehe.

Ok See you.

1 comment:

  1. Tx infonya gan,, saya sebagai gitaris newbie baru 3tahun,, jadi tahu modelnya,, kalo gitarnya mick thompson itu model APA

    ReplyDelete