Tuesday, August 9, 2011

THE STORY OF MY GUITAR


Kali ini saya pengen membahas tentang gitar saya.

Sebenarnya gak begitu penting sih. Siapa juga yang mau tahu tentang gitar saya?. Tapi berhubung ini blog saya, dan saya bisa nulis apa aja yang saya mau, jadilah artikel kali ini membahas tentang gitar saya. Hehe.

Saya dulu punya beberapa gitar. Semuanya buatan Darieos, sebuah pabrik kecil di kabupaten Malang. Saya gitar saya tinggal satu. Why? Gak tau juga. Mungkin karena saya orangnya bosenan. Banyak yang bilang gitar-gitar saya yang dulu-dulu itu udah “melegenda”, dan jadi bagian dari identitas saya. Tapi somehow, saya merasa ada kekurangan dengan gitar-gitar itu. So I just sold them. Dengan harga bagus tentunya ;p.

Gitar saya yang sekarang ini, umurnya baru beberapa bulan. Saya gak tu kenapa saya suka gitar ini. Bodynya kegedean. Action nya ketinggian, soundnya juga biasa-biasa aja. Gak jelek sih, tapi juga gak bagus-bagus amat.

Walaupun katanya ini gitar 'signature' saya, saya gak merancang bodynya. Saya cuma merancang wiring nya aja. Banyak banget dari gitar ini yang gak sesuai dengan keinginan saya. Terutama ya itu tadi, body nya agak kegedean. Bentuknya sih lumayan bagus, tapi sebenarnya saya pengen agak kecil dikit.

Kenapa gitar ini bisa sampai jadi gitar utama saya, saya juga gak tau. Awalnya sih sih ditawarin sebuah gitar baru lagi dari pabrik Darieos. Saya bilang “oke”. Pas ke pabriknya milih-milih body, ketemulah saya dengan body gitar ini. Saat itu masih belum kelihatan bentuknya, dan baru dilapisi sejenis coating untuk menutup pori-porinya.

Setelah berfikir sebentar, saya memutuskan untuk menggunakan body itu. Gak tau kenapa. Mungkin karena saya suka warnanya yang natural. Saya juga baru tau kalo bahan kayu untuk body itu adalah Swamp Ash. Kayu apa itu? Baru pernah dengar.wkwkwkwkw. Tapi ya sudahlah, mumpung gratis ini.

Proses penyelesaian gitar ini sekitar sebulan. Dalam waktu sebulan itu saya punya kesempatan nabung buat beli spare part. Yaitu pickup dan bridge. Untuk pickup,yang ada dalam pikiran saya untuk pick up adalah Dimarzio Evolution. Saya suka banget dengan karakter soundnya Steve Vai, dan pengen banget bisa dapetin sedikit karakter seperti itu.

Untuk bridge, pilihan saya jatuh kepada Ibanez ZR tremolo. Kenapa? Karena sejauh ini menurut saya itulah floating bridge yang paling nyaman. Saat beli, eh taunya saya salah beli. Dapatnya malah Ibanez Edge Zero. Ku pikir keren, ternyata nggak banget. Haha. Tapi karena udah kadung terbeli, ya udahlah dipake aja.

Secara konsep, saya pengen tampilan gitar baru saya ini mirip-mirip Washburn N4 nya Nuno Bettencourt. Udah bukan rahasia lagi kalo saya ngefans banget ama dia. Nah kalo secara sound saya pengen gitar ini bisa dapetin nuansa lead yang mid-range ala Steve Vai gitu. Jumlah fretnya juga harus 24 supaya nafsu shred saya bisa tersalurkan. Konsep wiringnya juga saya rancang sendiri supaya bisa dapetin berbagai macam sound. Gak lupa saya nambahin killswitch biar bisa ber-DJ-ria ala Tom Morello

Begitu gitar ini jadi, malah jauh dari harapan. Hahahaha. Tampilannya sih udah lamayan. Bodynya terlihat keren walau agak bulky. Soundnya malah jauh banget dari Steve Vai. Saya sempat kecewa juga sih. Tapi apa mau dikata? Hal terbaik yang bisa saya lakukan adalah menerima 'keadaan' gitar itu, dan memaksimalkannya sebaik mungkin.

Awalnya sih susah. Pernah kan melakukan sesuatu yang gak kamu suka, tapi kamu terpaksa? Seperti pacaran dengan orang yang gak kamu sayangi. Tapi yah saya terima saja 'takdir' ini. Akhirnya yah mainnya jadi gak mood. Guitar playing was never so boring like this.

Tapi saya terusin aja bermain. Eh lama kelamaan, enak juga ni gitar. Semakin lama bermain, tangan dan kuping saya menyesuaikan diri. Gitar ini jadi enak juga rasanya. Memang, kalo kita bisa menyesuaikan diri dan sedikit 'ikhlas' menerima keadaan, saya pikir itulah jalan terbaik. Di dunia ini mana ada yang sempurna? Kata orang tak ada gading yang tak retak. Kalo kata saya, gak ada pacar yang sempurna. Eh kok jadi curhat?

Anyway, gitar ini kemudian dengan pede saya pake manggung. Penampilan pertama gitar ini dilewati dengan sukses. Penampilan kedua, agak kacau. Killswitchnya gak berfungsi sehingga saya gak bisa mainin teknik DJ. Ah, karena sumpek, gitar itu saya banting di lagu terakhir.

Sampai di rumah kost, saat saya iseng-iseng mainin gitar keparat itu, eh kok malah jadi tambah enak aja. Killswitchnya pun gak ada masalah. Agak gak percaya saya nanya ke teman-teman yang ada di kost saya. Mereka semua bilang suara gitar itu tambah enak. Malah ketika mereka mencoba mainin gitar itu, katanya playability gitar itu malah tambah nyaman.

Saya terheran-heran aja saat itu. Apa gitar harus di banting dulu baru bisa enak? Saya malah kepikiran, mirip juga sih ama manusia. Harus melewati banyak cobaan, ujian, dan 'bantingan' dulu baru bisa jadi manusia yang lebih baik.

Jadi seumpama kamu punya teman yang pelit, atau gak asik, coba aja dibanting. Siapa tau dia berubah menjadi sedikit menyenangkan.

So, singkat kata, gitar ini malah jadi enak banget. Dengan sedikit penyesuaian dan “pembantingan”, gitar ini jadi benar-benar nyaman, dan soundnya pun, walaupun tidak seperti yang saya inginkan sebelumnya, malah terdengar asik dan unik. Saya malah seneng banget dapetin gitar yang soundnya gak mirip siapa-siapa. Sound itu adalah sound ku. Bukankah itu yang dicari para gitaris selama ini? Punya sound unik yang khas. Jadi ibumu bisa langsung mengenali permainanmu saat kamu main di radio.

Apa inti dari cerita ini? Menurut saya ada dua. Yang pertama, saat semua gak sesuai harapan dan keinginan kamu, cobalah untuk ikhlas. Dunia ini udah ada yang ngatur. Kita boleh usaha, hasilnya Tuhan lah yang menentukan. Yang penting, ikhlas itu gak dimaknai sebagai sikap pasif yang diam aja tanpa berusaha mencari solusi. Intinya, saat nasi udah jadi bubur, segera ambil kecap, kacang kedelai, dan daging ayam. Jadikan bubur itu bubur ayam paling enak dalam hidupmu.

Yang kedua, gitar itu memang harus dibanting....

3 comments:

  1. mas mas, upload foto gitarnya dooong

    ReplyDelete
  2. hahaha...
    ini cerita gw banget..
    gitar gw semi custom dan berakhir dengan tidak sesuai keinginan, tapi setelah "terbanting" jadi asik dan teman2 yang minjem pun bilang gitarnya enak dan playable banget..
    tapi sejak "terbanting" itu fretnya jd agak aneh ketika dipasang capo malah fals.. :(

    ReplyDelete
  3. JUMPINGDEW,,hihihihi,,bener emang harus mengalami banyak cobaan dulu tuh,,,

    ReplyDelete